Today's Gold Price

23.05.2024

Lebih dari Sekadar Cincin Emas dengan Berlian Model Terbaru, Apa Makna dari Promise Ring?

Ditulis oleh Elisa J

Lebih dari Sekadar Cincin Emas dengan Berlian Model Terbaru, Apa Makna dari Promise Ring?

Promise ring memiliki makna yang mendalam, lebih dari sekadar perhiasan untuk detail penampilan. Perhiasan yang umumnya didesain berupa cincin emas dengan berlian ini, merupakan simbol penting dari sebuah hubungan yang terjalin dengan erat dan berkomitmen. Lalu, apa asal usul promise ring dan maknanya? Berikut ulasannya.

Asal Usul Promise Ring

Menurut jeweler Benjamin Khordipour, seperti dikutip dari Brides.com, konsep promise ring sudah ada sejak zaman Romawi. Di masa tersebut, orang-orang Romawi harus menunggu waktu hingga mereka menikah. Dalam masa penantian tersebut, mereka memberikan promise ring kepada pasangan sebagai simbol komitmen.

Kemudian, muncul posy ring yang lebih romantis pada abad ke-14 yang menjadi simbol kasih sayang di antara pasangan. Cincin yang juga disebut “posey” atau “posy” ini diukir dengan ucapan puitis dalam bahasa Latin atau Prancis untuk menunjukkan perasaan romantis.

Pada abad ke-19, pada acrostic ring umumnya terukir kata-kata seperti “regard” dan “dearest” pada batu mulianya. Kata “regard” biasa diukir pada berlian, ruby, emerald, amethyst, dan garnet. Di sisi lain, kata “dearest” biasa diukir pada berlian, emerald, ruby, amethyst, safir, dan tourmaline.

Makna Promise Ring

Kini, promise ring seringkali diberikan sebelum momen pertunangan sebagai simbol komitmen. Perhiasan tersebut umumnya berupa cincin emas pria atau wanita yang bertatahkan berlian. 

Meskipun demikian, sebenarnya promise ring tidak terbatas hanya untuk pasangan yang mengikat janji suci pernikahan. Promise ring juga dapat diberikan kepada sahabat atau orang terkasih sebagai simbol kesetiaan dan kasih sayang.

Model Promise Ring Populer

1. Cincin Berlian Kecil

Promise ring model cincin berlian biasanya diberikan dalam momen pertunangan. Biasanya, berlian 0.25 carat dan di bawahnya dipilih untuk promise ring yang diberikan kepada tunangan.

2. Cincin Simple Bands

Baik cincin tersebut dilengkapi dengan batu mulia, diukir dengan inisial nama, atau hanya polos simpel modelnya, promise ring ini cocok untuk Anda yang menyukai model yang lembut dan minimalis.

3. Cincin Birthstone

Memberikan cincin birthstone kepada seseorang yang spesial menjadi simbol panjang umur. Birthstone ring juga dapat dipakai bersama cincin tunangan nantinya.

4. Cincin Cluster

Cluster ring adalah cincin dengan butir-butir batu mulia yang dirangkai menjadi satu, menciptakan kilau yang memukau. Cincin ini juga cocok untuk pertunangan. Berkilau mewah, cluster ring dapat dipakai di jari tangan mana pun, dan tidak terlihat mencolok sebagai cincin pertunangan.

Etika Pemberian Promise Ring

Di Mana Membeli Promise Ring?

Anda dapat membeli cincin emas wanita bertatahkan berlian maupun pria untuk promise ring di The Palace Jeweler. Tersedia koleksi perhiasan #Therlengkap dengan model terbaru di sini. 

Cara Memberikan Promise Ring

Memberikan promise ring berbeda dari cincin lamaran. Cara memberikannya bukan dengan berlutut sambil memberikan cincin kepada pasangan. Hal ini karena makna pemberian promise ring sendiri tidak sama dengan memberikan cincin saat melamar kekasih.

Penting untuk diingat bahwa promise ring tidak sama dengan mengajak pasangan untuk menikah. Maka dari itu, Anda perlu untuk membicarakannya dengan baik bersama pasangan. 

Saat memberikan cincin ini, ungkapkan bahwa Anda dapat melihat masa depan Anda berdua, bersama-sama, dan sampaikan apa yang Anda rasakan tentang pernikahan secara umum saja.

Cara Mengenakan Promise Ring

Secara tradisional, promise ring dikenakan pada jari manis di tangan kiri. Meskipun demikian, menurut Megan Mensink, founder Folklor.ca, di masa modern saat ini, Anda bebas mengenakan promise ring di jari apa saja di tangan mana pun, sesuai kata hati.

Apa yang Dilakukan Setelah Menerima Promise Ring?

Promise ring dapat berupa cincin emas putih ataupun kuning berhiaskan berlian. Saat seseorang telah menerima promise ring, kemudian bertunangan dan tetap mengenakan cincin tersebut, maka bebas untuk melakukan apapun dengan cincinnya. 

Ada orang yang memindahkan promise ring ke tangan kanan, ada yang menjadikanya liontin untuk kalung, dan ada juga yang tidak mengenakannya setiap hari. Tapi ada juga yang menjadikan promise ring sebagai cincin lamaran dan pernikahan untuk menjaga nilai historis dari cincin tersebut.

Anda tertarik menjadikan cincin emas terbaru bertatahkan berlian untuk dijadikan promise ring? Temukan perhiasan terbaik di The Palace Jeweler. Lihat koleksinya dalam seri Perhiasan Berlian Ilusi berikut ini yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda dalam mencari promise ring.


Koleksi Perhiasan Berlian Ilusi The Palace Jeweler

Koleksi Perhiasan Berlian Ilusi menghadirkan inspirasi cantik berupa promise ring untuk diberikan kepada pasangan. Pilih cincin emas bertatahkan berlian yang THERJAMIN 18K dengan berlian H VS yang berbentuk bunga. Desainnya manis dan terinspirasi dari taman bunga yang indah.

Cincin Berlian Ilusi dengan Detail Bunga yang Indah

Ada cincin Berlian Ilusi Lekukan Raka Bunga Cilik yang menghadirkan cincin manis dengan detail berlian berbentuk bunga.

Inspirasi dari Keindahan Taman Bunga untuk Cincin Berlian Ilusi yang Mewah

Cincin Berlian Ilusi Rumpun Raka Kembang ini menampilkan kemewahan yang bertatahkan rangkaian butir berlian dengan desain bunga otentik.

Keindahan Bunga Menjadi Simbol Perasaan Cinta

Cincin Berlian Ilusi Lekukan Raka Bunga adalah cincin wanita dengan tatahan berlian terinspirasi dari keindahan bunga. Desainnya yang elegan akan membuat penampilan Anda menjadi anggun.


Koleksi Kekaseh Rancangan Anne Avantie dari The Palace Jeweler

Apabila hendak melanjutkan ke jenjang pernikahan, The Palace Jeweler juga menyediakan ragam desain cincin nikah yang terbaik, salah satunya dari koleksi Kekaseh. Berkolaborasi bersama Anne Avantie, desain cincin kawin dalam koleksi ini terinspirasi motif batik yang dipadukan dengan white gold, yellow gold, dan rose gold, serta dilengkapi sematan berlian dalam tatahannya.

Dari koleksi ini, Anda dapat memilih seri Wahyu Temurun, Truntum, Parang Kusumo, Sekar Jagad, Sido Asih, dan Sido Mukti.

Cincin Nikah Kekaseh The Palace Jewelry x Anne Avantie

The Palace Jeweler Hadirkan Special Jewelry Exhibition di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 3 Domestik

Sebagai bentuk komitmen serta inovasi dengan tujuan memperkenalkan perhiasan emas 3T “Therlengkap, Therjangkau, Therjamin” kepada masyarakat luas, The Palace Jeweler juga menghadirkan Special Jewelry Exhibition di area Terminal 3 Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang resmi dibuka pada 5 April 2024.

Desain booth unik yang berbentuk cincin besar menjadi daya tarik exhibition ini. Para pelanggan yang tengah menantikan jadwal penerbangan pesawat, baik untuk bepergian atau berlibur, dapat melihat-lihat koleksi perhiasan The Palace Jeweler.


Temukan Perhiasan Terbaik Hanya di The Palace Jeweler

The Palace Jeweler berkomitmen dengan tagline 3T “Therlengkap, Therjangkau, Therjamin” untuk menawarkan koleksi perhiasan #Therlengkap dan #Therjamin berkualitas tinggi, serta memberikan harga #Therjangkau. Tersedia 60 gerai di seluruh Indonesia dengan akses mudah dan pelayanan yang terbaik.

Dapatkan cincin emas terbaru bertatahkan berlian, perhiasan lainnya, hingga precious stone yang Anda cari hanya di The Palace Jeweler. Cek juga koleksi perhiasan selengkapnya di situs web The Palace Jeweler, follow akun Instagram The Palace Jeweler, serta Tiktok The Palace Jeweler!


#Therlengkap #Therjamin #Therjangkau #ThePalaceJeweler #NationalJeweler