20.04.2024

Jadi Standar Harga Cincin Berlian Asli, Kenali 4C Diamond di Sini!

Ditulis oleh Elisa J

Jadi Standar Harga Cincin Berlian Asli, Kenali 4C Diamond di Sini!

Perhiasan berlian adalah lambang keanggunan dan kemewahan yang digemari khususnya para pencinta perhiasan. Salah satunya cincin berlian, terdapat serangkaian faktor yang mempengaruhi nilai dan standar kualitasnya. Salah satu standar paling penting dalam menilai berlian adalah faktor penilaian 4C dari GIA. Apa itu 4C dan bagaimana standar ini memengaruhi harga cincin berlian? Simak di bawah ini!


Standar Penilaian 4C pada Berlian

Penilaian 4C meliputi warna atau diamond color (color), berat carat (carat), kejernihan (clarity), dan potongan (cut). Setiap faktor-faktor tersebut memiliki pengaruh yang berbeda terhadap kualitas dan nilai berlian, berikut penjelasannya.

1.   Color

Color berkaitan dengan warna berlian. Dalam penilaian GIA, rentang warna berlian dibagi dalam 5 kategori, dengan urutan terbaik colourless (D-F), near colourless (G-J), faint (K-M), very light (N-R), dan light (S-Z). Skala warna penilaian berlian dimulai dari D hingga Z. Semakin “tidak berwarna” sebuah berlian, semakin mendekati D pada skala tersebut.

2.   Clarity

Selanjutnya ada clarity sebagai salah satu faktor 4C. Clarity merupakan tingkat kejernihan berlian, faktor ini mengukur seberapa jernih sebuah berlian. Semakin tinggi tingkatannya, maka nilainya juga semakin mahal. Tingkatan clarity berlian menurut GIA terdiri dari flawless, internally flawless, very very slightly included, very slightly included, slightly included, dan imperfect.

3.   Carat

Carat merupakan salah satu aspek penilaian 4C pada berlian. Carat adalah satuan yang digunakan untuk mengukur berat pada berlian seperti pada cincin berlian wanita. Seringkali, berat carat tidak selalu sama dengan ukurannya. Misalnya, berlian cemerlang bulat seberat 1 carat dapat berdiameter 6.2 mm, 6.5 mm, atau 6.7 mm.

Pengukuran carat bukan hanya digunakan untuk pengukuran pada berlian saja, melainkan juga sebagai ukuran standar untuk precious stone lainnya seperti ruby, sapphire, dan sebagainya.

4.   Cut

Cut atau potongan suatu berlian juga menjadi salah satu faktor 4C GIA yang menentukan kualitas serta kilaunya. Ada 5 tingkatan cut pada berlian, diurutkan dari yang terendah yaitu poor, fair, good, very good, dan excellent yang paling tinggi. Semakin tinggi tingkat kualitas cut berlian, maka nilai sebuah berlian juga akan semakin tinggi.

Bentuk dari cut berlian akan menentukan kemampuan berlian dalam memantulkan cahaya. Bentuk cut juga ada berbagai macam jenisnya, seperti round, cushion, oval, heart, princess, emerald, pear, marquise, dan sebagainya.

Itulah penjelasan tentang penilaian 4C pada perhiasan berlian seperti cincin berlian wanita. Jika Anda ingin mencari cincin berlian asli yang terkini, The Palace Jeweler hadir dengan berbagai rekomendasi perhiasan yang tentunya telah melewati standar nasional dan internasional, termasuk standar grading 4C untuk perhiasan berlian. Simak rekomendasinya!

 

Koleksi Perhiasan Berlian Ilusi dengan Standar 4C

The Palace Jeweler mempersembahkan Koleksi Perhiasan Berlian Ilusi yang menawarkan perhiasan 18K dan berlian H VS yang #THERJAMIN. Dirancang dengan bright cut setting dan setting ilusi yang dapat memberikan tampilan ukuran berlian lebih besar, menangkap cahaya dan berkilau di setiap gerakan dalam desain timeless.

Perhiasan Berlian Ilusi dengan Bright Cut Setting

 Ada cincin berlian ilusi yang berpadu dengan rose gold, membuat penampilannya makin indah dan berkelas.

Cincin Berlian Cantik dari Koleksi Perhiasan Berlian Ilusi

Selain itu, Anda juga bisa menjadikan perhiasan berikut jadi pilihan. Tampilannya elegan dan timeless sehingga cocok untuk berbagai kesempatan.

Berlian dengan Setting Elegan dari Koleksi Perhiasan Berlian Ilusi

Meskipun bersertifikasi 4C, The Palace Jeweler tetap mengedepankan kemudahan memiliki perhiasan berlian menawan bagi semua kalangan melalui koleksinya yang #THERJANGKAU yaitu MOELA Collection.

 

Koleksi MOELA Mulai dari Rp888 Ribu dengan Kualitas Berlian Near Colorless

Kalau Anda mencari perhiasan berlian dengan harga yang ramah di kantong, bisa memilih Moela Collection. Hadir dengan harga mulai dari Rp888 ribu, koleksi MOELA memiliki kualitas berlian H near colorless dan Clarity VS. Koleksi perhiasan ini berbalut 18K gold yang bersertifikasi SNI. Moela terdiri dari lima seri yang bisa jadi pilihan, yakni Bermoela, Kamoela, Trimoela, Lovela, dan Modela.

Perhiasan #Therjangkau dari Moela mulai dari Rp888 Ribu

 

Temukan Koleksi Perhiasan Berlian dengan Standar 4C GIA di Gerai The Palace Jeweler!

Tak perlu bingung mencari koleksi perhiasan berlian terbaik, #ThePalaceJeweler sudah tersebar di berbagai kota di hampir seluruh wilayah Indonesia! Dengan 60 gerainya, The Palace Jeweler sebagai #NationalJeweler dengan tagline #Therlengkap, #Therjangkau, #Therjamin, menjadi one stop shopping destination berbagai koleksi perhiasan untuk semua kalangan.

The Palace Jeweler memiliki koleksi perhiasan yang #Therlengkap. Anda ingin mencari perhiasan emas, batu mulia (sapphire, emerald, ruby), semua ada di gerai The Palace Jeweler! Tak hanya itu, tersedia pula berlian dari warna D hingga J serta kejernihan: Flawless (F), Very Very Slightly Included (VVS), Very Slightly Included (VS).

The Palace Jeweler juga menyediakan koleksi perhiasan dengan harga #Therjangkau yang bisa dimiliki dengan mulai dari Rp888 ribu saja yaitu dari koleksi MOELA. Terjangkau bukan berarti sembarangan, The Palace Jeweler memberikan jaminan keaslian perhiasan di setiap koleksinya. Setiap perhiasan The Palace Jeweler #Therjamin dengan kadar emas yang tepat, yaitu 18 karat atau memiliki kandungan emas sebanyak 75.5% sesuai standar internasional dan standar nasional Indonesia.

Kunjungi gerai-gerai The Palace Jeweler yang sudah tersebar di seluruh Indonesia untuk menemukan berbagai pilihan perhiasan termasuk model cincin berlian yang Anda gemari. Anda juga bisa mencari tahu harga cincin berlian asli yang diincar para pencinta perhiasan di gerai The Palace Jeweler! Jangan lupa cek koleksi perhiasan lainnya di website The Palace Jeweler, follow akun Instagram The Palace Jeweler, serta Tiktok The Palace Jeweler!

#Therlengkap #Therjamin #Therjangkau #ThePalaceJeweler #NationalJeweler