Today's Gold Price

08.05.2024

Faktor Apa Saja yang Menentukan Harga Cincin Emas Bertatahkan Berlian?

Ditulis oleh Elisa J

Faktor Apa Saja yang Menentukan Harga Cincin Emas Bertatahkan Berlian?

Cincin emas merupakan salah satu perhiasan paling favorit. Kilaunya yang mewah dan elegan membuatnya sempurna untuk melengkapi penampilan. Kemewahan yang ditampilkan cincin emas bertatahkan berlian tak hanya terlihat dari desainnya, tetapi juga nilainya yang begitu berharga. Bagi para pencinta perhiasan, tentu sudah diketahui bahwa tiap perhiasan seperti cincin emas bertatahkan berlian memiliki harga yang beragam. Lantas, faktor apa saja yang memengaruhi harga cincin emas bertatahkan berlian? Berikut penjelasannya.

Kualitas dan Keandalan Pengrajin

1. Detail Perhiasan

Mulai dari proses crafting, penempatan batu berharga sampai sentuhan finishing, semua detail pada perhiasan sangat memengaruhi nilainya kemudian. Tidak hanya dengan desain yang timeless, harga cincin emas bertatahkan berlian terbaru pun juga ikut dipengaruhi dari desain yang sedang tren di saat itu.

2. Ketahanan dan Pemakaian

Cincin emas bertatahkan berlian yang didesain dan dirancang untuk dikenakan setiap hari, harus memiliki ketahanan yang tepat. Semakin awet dan kuat bahannya, serta perawatan spesial yang dibutuhkan, akan semakin memengaruhi harga cincin emas bertatahkan berlian yang berkualitas. 

3. Keakuratan dan Kepiawaian

Aspek craftsmanship dari pengrajin perhiasan dalam menciptakan sebuah karya, juga sangat penting untuk menentukan harga jualnya.


Batu Berharga yang Digunakan

1. Tipe Batu Berharga

Harga cincin emas bertatahkan berlian yang berkualitas ditentukan oleh batu berharga yang menghiasinya. Ada dua tipe batu berharga, yaitu precious dan semi-precious

Batu berharga precious meliputi berlian, rubi, safir, dan emerald. Batu berharga semi-precious meliputi amethyst, garnet, peridot, dan citrine

2. Kualitas Batu Berharga

Kualitas batu berharga ditentukan dari berbagai aspek yang dapat menilai harga cincin emas bertatahkan berlian. Salah satu batu berharga yang populer untuk menghiasi sebuah perhiasan adalah berlian. Berlian sendiri pun memiliki aspek yang dapat menentukan nilainya ketika disematkan pada cincin emas, seperti carat, cut, color, dan clarity.

3. Kelangkaan Batu Berharga

Batu berharga yang lebih langka berarti harganya lebih mahal. Kelangkaannya juga dipengaruhi oleh tempat asal batu berharga tersebut. Daerah tertentu memiliki batu-batu berharga yang penuh nilai sejarah, sehingga menjadi mahal.

Kelangkaan dan Keunikan

1. Ketersediaan yang Terbatas

Semakin terbatas perhiasan tersebut, semakin rela orang-orang membayar mahal untuk membelinya. Misalnya, seperti perhiasan limited edition.

2. Kecocokan untuk Dijadikan Koleksi

Perhiasan yang unik atau langka juga dinilai sebagai koleksi. Para kolektor dan bahkan investor tertarik kepada perhiasan yang semakin tinggi nilainya seiring berlalunya waktu.

3. Perhiasan yang Tiada Duanya

Perhiasan one-of-a-kind yang cuma ada satu menjadikannya eksklusif, juga tak dapat dibuat replikanya. 

4. Nilai Historis di Baliknya

Perhiasan yang menyimpan cerita atau memiliki nilai historis menarik di baliknya dapat meningkat nilainya.


Kondisi dan Usia

Kondisi Cincin

  • Kondisi Fisik

Harga cincin emas putih atau kuning dan perhiasan bertatahkan berlian lainnya ditentukan oleh kondisi fisiknya, termasuk jika dilihat ada kerusakan atau pernah mendapat perbaikan.

  • Perbaikan dan Restorasi

Perhiasan yang sudah pernah diperbaiki oleh ahli profesional dapat mengalami perubahan harga.

  • Komponen Original

Perhiasan yang mengandung komponen original seperti misalnya batu berharga, dapat meningkat harganya. Jika komponen original-nya diganti atau dilepas, maka nilainya akan menurun.


Usia Cincin

  • Desain dan Tren

Desain dan style perhiasan pasti berubah seiring berlalunya waktu. Hal ini menunjukkan tren yang terus berganti mengikuti era mode fashion.

  • Signifikansi Sejarah

Ada perhiasan yang memiliki signifikansi sejarah berdasarkan usianya, tempat asalnya, atau pemilik sebelumnya. Sejarah tersebut menjadikan nilainya lebih tinggi.

  • Patina dan Karakter

Perhiasan kuno dan antik dapat berkerak yang juga biasa disebut patina. Justru, patina tersebut dapat menambah karakteristik perhiasan yang menjadikannya lebih mahal.

Mencari cincin emas yang bertatahkan berlian dengan kualitas tinggi? Temukan perhiasan yang Anda cari hanya di The Palace Jeweler. Koleksi perhiasan terbaru ada di sini.


The Palace Jeweler Hadirkan Koleksi Perhiasan Berlian Ilusi

Dapatkan cincin emas mewah dengan bertatahkan berlian yang dapat Anda temukan di Koleksi Perhiasan Berlian Ilusi dari The Palace Jeweler. Kualitas emasnya THERJAMIN 18K, dengan setiap berlian H VS dirangkai dalam tatahan bunga yang cantik.

Cincin Manis dengan Kemewahan Berlian dalam Desain Bunga

Cincin Berlian Ilusi Raka Bunga yang menawan ini sempurna untuk melengkapi penampilan Anda karena bertatahkan berlian H VS mewah yang ditata menyerupai bunga yang manis. 

Keindahan Bunga Makin Sempurna dengan Kilau Berlian yang Memukau

Ragam desain lain dari cincin Berlian Ilusi ini adalah model Lekukan Raka Bunga yang memberikan nilai sempurna pada penampilan yang anggun.

Model Cincin Berlian dengan Bunga Minimalis yang Terlihat Feminin

Cincin Berlian Ilusi Lekukan Raka Bunga Cilik ini bertatahkan berlian mewah dengan bright cut setting yang memancarkan kilau luar biasa. Cincin ini pun sempurna untuk Anda yang bergaya simpel namun tetap berkelas.

Mungil dan Manis Menjadi Daya Pesona Cincin Berlian Bunga

Lalu, ada cincin Berlian Ilusi Raka Bunga Cilik ini yang hadir dengan pesona elegan dari berlian beraksen bunga yang mewah.


Koleksi Perhiasan Emas Premium Frank Gold dari The Palace Jeweler

Masih ada koleksi cincin emas dari Frank Gold. Lini ini menghadirkan perhiasan emas premium gold bertatahkan berlian dengan desain eksklusif dan dirancang dengan new technology dari Italia.

Perhiasan cantik ini menciptakan kesan elegan, klasik, unik, dan trendi, serta berstandar SNI. Pria dan wanita dapat memakai perhiasan Frank Gold. 

Model perhiasan dari Frank Gold cocok untuk siapa saja yang optimis, berani, ceria dan suka mengenakan perhiasan untuk detail penampilan sehari-hari.

Koleksi dari Lini Frank Gold dari The Palace Jeweler yang Elegan


Dapatkan Perhiasan Mewah Berkualitas Hanya di The Palace Jeweler

The Palace Jeweler sebagai National Jeweler menghadirkan tagline “Therlengkap, Therjangkau, Therjamin” dengan koleksi perhiasan #Therlengkap, kualitas tinggi yang #Therjamin, dan harganya #Therjangkau. Sudah ada 60 gerai perhiasan di seluruh Indonesia, memudahkan Anda mengakses The Palace Jeweler.

Kunjungi gerainya dan dapatkan harga cincin emas bertatahkan berlian terjangkau, lihat juga pilihan perhiasan lainnya. Pastikan cek juga koleksi perhiasan selengkapnya di situs web The Palace Jeweler, follow akun Instagram The Palace Jeweler, dan Tiktok The Palace Jeweler!


#Therlengkap #Therjamin #Therjangkau #ThePalaceJeweler #NationalJeweler