Today's Gold Price

31.10.2022

Ini Dia Bedanya Kalung dan Liontin, Perhiasan Terpopuler di Toko Berlian

Ditulis oleh thepalace

Ini Dia Bedanya Kalung dan Liontin, Perhiasan Terpopuler di Toko Berlian

Bagi sebagian besar wanita, penampilan cantik nggak bakal maksimal tanpa adanya perhiasan. Gaya klasik misalnya, selain membutuhkan outfit minimalis elegan, butuh sentuhan perhiasan berlian asli untuk sentuhan akhir.

Well, ini tak lepas dari sejarah di mana saat peradaban kuno, wanita sangat menghargai keberadaan perhiasan untuk menonjolkan kecantikan pemakainya. Potongan berlian yang berbeda digunakan untuk melambangkan pesan yang berbeda pula, seperti simbol kebijaksanaan, keanggunan, dan kemakmuran. Kini perhiasan berlian juga bisa menjadi penunjang penampilan wanita untuk tampil lebih percaya diri dan cantik. Dari sekian banyak jenis perhiasan berlian maupun perhiasan emas, kalung, dan liontin adalah perhiasan terfavorit. Bahkan keduanya kerap kali dibilang mirip. Tapi tahukah kamu bahwa kalung dan liontin sejatinya adalah item perhiasan yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula? Ini mungkin terdengar membingungkan.

Apa perbedaan antara kalung dan liontin? Mana yang harus kamu beli? Simak ulasan berikut, karena di artikel kali ini, kami akan mengulas secara komprehensif tentang perbedaan antara kalung dan liontin.

Liontin Vs Kalung: Apa Perbedaan Antara Keduanya?

Secara sederhana, kalung adalah setiap perhiasan yang akan kamu pakai di leher. Tujuan utama kalung adalah untuk mempercantik dan menonjolkan penampilan kamu. Kalung bisa membuat perhatian orang lain langsung tertuju pada wajah kamu. Kalung didesain dengan berbagai warna dan gaya yang bisa disesuaikan dengan personality kamu. Bahan yang digunakan untuk membuat kalung pun beragam, ada emas putih, emas kuning, hingga emas rose gold.

Sedangkan liontin adalah perhiasan kecil yang digantungkan pada kalung itu sendiri. Pada zaman kuno, orang biasa menggantung batu, kerang, sebagai liotin. Namun zaman modern saat ini, berlian atau precious stone lebih sering digunakan pada liontin. Bagi masyarakat Mesir, liontin adalah simbol dari kekayaan. Baik wanita atau pria yang memiliki sekaligus memakai liontin diidentifikasi sebagai orang kaya. Dalam budaya lain, liontin digunakan sebagai jimat, diyakini bahwa liontin mengandung beberapa pesona dan kekuatan yang signifikan. Mereka percaya bahwa liontin akan menawarkan perlindungan terhadap kekuatan jahat. Pada dasarnya, kalung dan liontin berjalan beriringan karena sebagian besar keduanya digunakan secara bersamaan.

Jenis-Jenis Kalung dan Liontin

Cara lain untuk mengetahui perbedaan antara kalung dan liontin adalah dengan mengetahui jenisnya masing-masing. Berikut jenis kalung dan liontin yang harus kamu tahu.

  • Kalung Rantai

Rantai terbuat dari berbagai jenis logam sehingga memiliki nilai dan karakteristik yang berbeda. Jenis kalung ini cenderung terlihat besar dan memiliki aksen yang berat dibandingkan jenis kalung kebanyakan. Kalung rantai datang dalam berbagai bentuk, ukuran dan desain.

  • Kalung Choker

Kalung choker dirancang untuk diletakkan tepat di atas tulang selangka kamu, jatuh di sepanjang bagian bawah leher. Jenis desain kalung ini cukup populer karena bisa menonjolkan area bahu dan leher pemakainya sehingga membantu mempertegas area wajah.

  • Kalung Cascade

Jenis kalung ini juga dikenal sebagai kalung beruntai ganda, sangat unik dan kontemporer, menjadi salah satu jenis kalung yang banyak digemari. Cascade akan membuat pemakainya terlihat lebih berani. Kalung cascade membentuk gaya estetika yang akan menonjolkan feminitas. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai acara seperti pernikahan dan pesta.

  • Kalung Single Strands

Ini adalah salah satu jenis kalung tertua yang paling sederhana. Kalung ini sangat ideal untuk kamu yang pecinta gaya minimalis. Melengkapi gaya minimalis kamu, yang dibutuhkan hanya kalung single strade dengan liontin berlian klasik.

  • Kalung Princess

Kalung ini tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek, jika dipakai akan terletak tepat di bawah tulang selangka dan panjangnya sempurna untuk menjadikanmu sebagai pusat perhatian.

  • Kalung Opera

Kalung opera memiliki panjang yang unik, memberikan tampilan dramatis bagi pemakainya. Kamu bisa menggunakan warna dan dekorasi yang berani untuk membuat kalung ini lebih menonjol.

  • Liontin Berlian

Liontin berlian terkenal bukan hanya karena kemewahannya tetapi juga desain unik yang menyertainya. Berlian adalah batu permata paling berharga dalam industri perhiasan. Persentase yang signifikan dari liontin di pasar terbuat dari berlian. Selain karena tampilannya, batu mulia ini disukai karena flexibility dan versatility. Liontin berlian ditawarkan dengan banyak pilihan dan cutting, seperti princess, cushion, dan emerald.

  • Liontin Hati

Liontin dengan bentuk hati adalah satu perhiasan yang everlasting, karena bisa dimiliki selamanya. Umumnya liontin ini digunakan sebagai simbol cinta dan kebersamaan. Beberapa orang menggunakan liontin ini sebagai hadiah untuk pasangan terkasih. Beberapa lainnya membeli sebagai hadiah ulang tahun.

  • Liontin Batu Permata

Liontin batu permata adalah pilihan sempurna bagi kamu yang ingin tampil glamour tanpa harus mengeluarkan budget berlebih. Ini adalah contoh perhiasan terjangkau yang bisa kamu dapatkan di berbagai toko berlian terbaik dengan berbagai pilihan warna. Masing-masing batu permata memancarkan aura dan pesona yang menawan, serta cocok untuk digunakan dalam berbagai kesempatan. Beberapa jenis batu permata yang kerap kali digunakan untuk liontin adalah amethyst, ruby, tanzanite, citrine, emerald, dan sapphire.


Rekomendasi Liontin Mewah Precious Stone, The Palace Jeweler

Sedang mencari perhiasan berlian terjangkau dalam bentuk kalung maupun liontin? #ThePalaceJeweler sebagai toko berlian terpercaya, menghadirkan banyak pilihan model kalung dan liontin yang dapat elevate penampilan kamu. Melalui koleksi terbarunya, yakni #PreciousStone, The Palace Jeweler menghadirkan berbagai model liontin mewah yang dihiasi oleh batu ruby, sapphire, dan emerald. Liontin Imperial Collection Koleksi ini serupa dengan namanya mengusung tema kekaisaran dalam desainnya. Menghasilkan liontin yang kaya, megah, dan indah. Liontin dari Imperial collection terbuat dari emas 1,5 gram bertatahkan 14 butir berlian 0,4 carat. Pada bagian tengah liontin tersemat batu safir biru 1,5 carat yang cantik dan memesona. Liontin ini sangat cocok dipadukan dengan kalung rantai emas putih untuk tampilan minimalis, atau kalung berlian model princess untuk tampilan yang lebih glamorous.

Liontin RivieraLiontin Emas Kekinian dengan Batu Safir Seri Riviera dari The Palace Jeweler

Koleksi ini terinspirasi dari tetesan air yang jatuh ke sungai, melambangkan kesucian, kemurnian, dan awal yang baru. Air juga jadi lambang cinta yang tak terbatas, menumbuhkan harapan baru. Liontin Riviera terbuat dari 1,4 gram emas putih dengan hiasan batu safir biru 1,5 carat yang memukau. Dikeliling batu safir biru tersebut terdapat 22 butir berlian 0,2 carat yang cemerlang.

Liontin Royale Liontin dengan Batu Safir dan Taburan Berlian dari The Palace Jeweler

Liontin dalam Royale collection terbuat dari 1,5 gram emas putih bertatahkan 22 butir batu berlian dengan total 0,17 carat. Pada bagian tengah pendant terdapat batu safir berpotongan oval dengan ukuran mulai dari 1,5 carat. Ukuran pendant yang cukup besar membuat perhiasan ini cocok digunakan sebagai penunjang penampilan saat menghadiri acara pesta. Liontin Elba Liontin Elba adalah liontin yang yang terinspirasi dari desain klasik perhiasan solitaire. Elba adalah lambang kesetiaan, keteguhan, dan kemakmuran bagi pemakainya. Liontin ini terbuat dari 1 gram emas putih bertatahkan batu safir biru 0,5 carat sebagai center stone-nya. Memaksimalkan kilau batu safir biru tersebut, tersemat 38 butir berlian 0,12 carat. Desainnya yang lebih kecil membuat liontin ini sempurna sebagai fashion item untuk pelengkap office outfit kamu. Kamu bisa menemukan koleksi kalung dan liontin tersebut di toko berlian Jakarta The Palace Jeweler yang tentunya #Therlengkap, #Therjangkau, dan #Therjamin. Sebagai toko berlian asli terbaik dan terpercaya, The Palace Jeweler selalu berusaha menghadirkan perhiasan berkualitas. Follow Instagram The Palace JewelerTikTok The Palace Jeweler atau kunjungi halaman resmi, untuk melihat koleksi lengkapnya.