In Journal

Jika kamu adalah salah satu wanita yang memiliki banyak koleksi perhiasan. kamu pasti ingin perhiasan tersebut memiliki kilau yang tak akan pernah pudar. Apalagi setelah berkali-kali pemakaian, perhiasan wanita pasti pernah terkena lotion, parfum, sabun, hingga debu dan kotoran. Hal-hal ini bisa membuat perhiasan emas dan berlian menjadi pudar dan kusam.

Kabar baiknya adalah kamu bisa membersihkan perhiasan di rumah – dan ini lebih mudah dari yang kamu kira. Menurut para ahli di Good Housekeeping Cleaning Lab yang dikutip dari goodhousekeeping.com, ada beberapa cara membersihkan perhiasan yang dapat membuatnya berkilau lebih tahan lama.

Cara membersihkan mutiara

Karena sangat keropos, mutiara dapat dengan mudah kehilangan kilaunya. kamu harus membersihkannya dengan hati-hati. Peraturan nomor satu: Jangan pernah merendam mutiara karena hal itu dapat menyebabkan benang yang terkandung dalam mutiara melemah dan putus.

Untuk membersihkan mutiara dengan lembut, mulailah dengan meletakkan untaian perhiasan di atas kain lembut. Celupkan kuas riasan kecil yang bersih ke dalam campuran air hangat dan sedikit cairan pembersih rambut, lalu bersihkan mutiara perlahan dengan kuas tersebut. Bilas mutiara dengan kain lembab bersih yang telah diperas. Angin-anginkan hingga kering.

Cara membersihkan perhiasan emas

Untuk membersihkan perhiasan emas, kamu bisa gunakan sabun dengan kandungan surfaktan. Tuangkan beberapa tetes sabun dengan kandungan surfaktan pada air hangat yang sudah lebih dulu diletakkan dalam wadah. Sebelum merendam perhiasan emas dalam air larutan surfaktan tersebut, sebaiknya bungkus perhiasan ke dalam kain berjaring atau sejenis wadah berjaring.

Masukkan perhiasan yang sudah terbungkus tersebut dalam air, kemudian diamkan selama 5 menit. Keluarkan perhiasan dari air, bilas kembali dengan air mengalir kemudian letakkan di atas kain lembut, periksa tiap celah dan rantainya dengan sikat gigi lembut untuk menghilangkan kotoran yang menempel di sana. Kembalikan perhiasan tersebut dalam kantong kain berjaring kemudian bilas dengan air mengalir dan keringkan dengan kain lembut. 

Cara membersihkan perhiasan berlian

Sebetulnya cukup mudah untuk mengembalikan kilau berlian, rubi, zamrud dan safir yang ada di perhiasan emas. Anda bisa menduplikasi cara membersihkan perhiasan emas di atas. Akan tetapi, alih-alih menggunakan air biasa. Campurkan sabun berbahan surfaktan tersebut dengan air seltzer (sparkling water).

Dalam pengujian Good Housekeeping Institute Cleaning Lab, karbonasi dapat membantu melonggarkan debu atau kotoran dan menghilangkan serpihan kotoran tersebut yang ada di permukaan batu berlian. Sikat batu berlian dengan sikat gigi yang lembut; kemudian, bilas dengan air mengalir. Selanjutnya keringkan perhiasan berlian Anda dengan kain yang lembut.

Nah, itu tadi 4 cara membersihkan perhiasan tergantung dari jenis perhiasannya. Khusus untuk perhiasan emas dan berlian, agar lebih aman sebaiknya Anda pergi ke toko berlian The Palace Jeweler.  Untuk bisa membersihkan perhiasan The Palace anda secara profesional dan seksama kunjungi gerai terdekatnya di kota Anda untuk dapatkan pelayanan eksklusif ini!

Recent Posts

Covid 19 – Penting Untuk Kita Ketahui Bersama