In Journal

Perayaan Imlek selalu dirayakan dengan pernak-pernik hingga pakaian khas berwarna merah dan emas. Tradisi pakaian ini sudah ada sejak zaman dahulu. Imlek sendiri merupakan perayaan Tahun Baru Cina, di mana setiap tahunnya masyarakat keturunan Tionghoa merayakan tradisi ini dengan penuh suka cita dan harapan kebahagiaan, kemakmuran, hingga keberuntungan. Nah, bagaimana tradisi pakaian Imlek?

Tradisi Pakaian Imlek

  1. Cheongsam

Cheongsam, biasanya digunakan oleh masyarakat Barat untuk menyebut Qipao yang dipakai wanita. Sebetulnya, kata tersebut memiliki arti “baju panjang”, yang sekarang banyak dipakai oleh pria. Pakaian yang saat ini digunakan merupakan perpaduan baju dari Dinasti Qing serta baju formal tahun 1990-an.

Kerah Cheongsam memiliki potongan menyamping dengan arti kekayaan serta kemakmuran. Selain itu, panjang baju pada dasarnya menunjukkan status sosial seseorang di masa lampau.

Saat ini panjang pakaian telah dimodifikasi untuk menyesuaikan kegiatan sehari-hari. Kini selain digunakan untuk Imlek, baju Cheongsam juga digunakan sebagai pakaian sarjana berpendidikan.

  1. Tang Suit

Tang Suit adalah pakaian yang dipakai pada masa dinasti Tang. Bentuk dari Tang Suit ini adalah jaket yang yang digabungkan dengan jaket berkuda ala dinasti Qing dan setelan jas. Pakaian ini banyak digunakan pada seni bela diri Tiongkok, dengan baju kerah terbalit dan kerah lurus.

  1. Qipao

Pakaian Imlek yang paling dikenal adalah Qipao, atau untuk di kalangan masyarakat Barat, terdapat simpang siur sehingga model ini yang dikenal sebagai Cheongsam wanita. Model dari baju tradisional ini pada dasarnya memiliki potongan lurus dan longgar.

Seiring perkembangan zaman, pakaian Qipao terus mengalami inovasi dengan potongan dan motif menyesuaikan budaya Barat dengan tambahan kerah dan bordir cantik bertema burung serta bunga.

  1. Aksesoris dan Perhiasan

Selain pakaian, orang yang merayakannya Imlek juga menambahkan aksesoris dan perhiasan sebagai penunjang penampilan. Untuk wanita biasanya mengenakan tongkat hias di bagian rambutnya yang ditancapkan pada buntalan rambut.

Tongkat hias tersebut biasanya memiliki ukiran dan juga pernak-pernik gantungan cantik. Tak hanya itu, perhiasan emas juga menjadi barang yang wajib digunakan saat perayaan Imlek.

Perhiasan The Palace Jeweler

Salah satu merek perhiasan yang memiliki desain yang cocok untuk perayaan Imlek adalah The Palace Jeweler. Merek ini mengeluarkan koleksi terbaru, yakni Ruby Collection, koleksi Geometri, dan koleksi Rimbayu.

Walaupun memiliki desain yang cocok untuk perayaan Imlek, ketiga perhiasan ini memiliki desain yang berbeda. Misalnya untuk Ruby Collection yang menggunakan batu ruby berwarna merah.

Ruby Collection bisa membuat penampilan Anda semakin elegan karena batu ruby yang susah ditemukan. Apalagi penggunaan batu ruby dipercaya bisa membawa keberuntungan. Selain untuk perayaan Imlek, perhiasan ini juga cocok digunakan untuk meningkatkan rasa cinta di dalam diri.

Koleksi ini terdiri dari 8 cincin, 2 pendant regular, dan 2 pendant dengan sertifikat GIA. Desain cincin wanita dari Ruby Collection dibentuk sangat indah, yakni open ring atau tidak menyatu. Kemudian, di salah satu sisi terpasang batu ruby berwarna merah yang memiliki kilau menawan.

Ruby Collection dari The Palace Jeweler

Selain dari Ruby Collection, Anda juga bisa menggunakan koleksi Rimbayu berupa liontin dengan desain khusus, yakni shio keberuntungan di tahun ini. Ada 12 shio yang dibuat pada koleksi ini dan masing-masing memiliki batu berlian di bagian tengahnya. Tak lupa emas 18 karat yang melapisi liontin membuat penampakannya semakin indah.

Koleksi Rimbayu dari The Palace Jeweler

Selain dua koleksi tersebut, The Palace juga merilis koleksi terbaru yaitu Koleksi Geometri. Koleksi ini terdiri dari 16 items, yakni 7 cincin, 3 pendant, dan 6 anting-anting. Desain Koleksi Geometri terinspirasi dari kemegahan dan kemewahan gaya Art Deco. Alhasil, perhiasannya juga dominan memiliki bentuk abstrak, geometris hingga zigzag.

Koleksi Geometri dari The Palace Jeweler

The Palace Jeweler sendiri adalah merek perhiasan yang memiliki slogan “Therlengkap, Therjamin, dan Therjangkau” atau 3T. Hal ini dibuktikan dengan adanya beragam pilihan perhiasan di gerai The Palace Jeweler, mulai dari emas hingga zircon. Anda juga bisa memilih berlian berkualitas F-VS dengan tingkat kejernihan beragam.

Untuk soal harga, The Palace menjadi yang memiliki perhiasan emas terjangkau, contohnya ada Moela Collection yang dibanderol mulai harga Rp 900 ribu-an saja. Perhiasan berlian ini cocok untuk Anda yang berjiwa muda guna dikenakan sehari-hari.

Ada lima seri perhiasan Moela Collection, yakni Bermolea, Kamoela, Lovela, Trimoela, dan Modela. Semua perhiasannya memiliki desain simple namun romantic sehingga cocok untuk digunakan sendiri atau sebagai kado untuk orang tersayang.

Semua model perhiasan emas terbaru The Palace Jeweler bisa dicek di situs resmi miliknya atau di Instagram mereka.

Recent Posts

Covid 19 – Penting Untuk Kita Ketahui Bersama